Upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2023 Menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 di Poso

Dalam rangka memastikan pengamanan yang optimal selama perayaan Natal tahun 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024, Polres Poso melaksanakan upacara apel gelar pasukan Operasi Lilin Tinombala 2023. Upacara ini, yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Poso, Kompol Basrum Sychbutuh SH, dihadiri oleh unsur Forkompimda dan bertujuan untuk melakukan pengecekan akhir terhadap kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi. (kamis 21/12/20)

 

Dalam pidato pembukaan, Wakapolres Poso, Kompol Basrum Sychbutuh SH, menyampaikan pentingnya kesiapan dalam menghadapi tantangan pengamanan selama periode perayaan Natal dan Tahun Baru. “Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal,” ungkapnya.

 

Wakapolres juga menekankan bahwa pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dijamin berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. Ia mengutip penekanan Presiden Joko Widodo yang menyoroti pentingnya perencanaan dan persiapan terutama dalam hal transportasi, pasokan, dan distribusi bahan pokok. “Kita harus memastikan bahwa warga dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan tenteram dan penuh kegembiraan,” tambahnya.

 

Pada kesempatan itu, Wakapolres Poso juga menyoroti potensi peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, diperkirakan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat sebanyak 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai total 107,63 juta orang. Selain itu, ia mengingatkan bahwa perayaan Nataru tahun ini bersamaan dengan masa kampanye Pemilu 2024, sehingga perlu kewaspadaan ekstra terhadap potensi kerawanan yang lebih tinggi.

 

Upacara apel gelar pasukan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kesadaran seluruh personel dalam menjalankan tugas pengamanan dengan penuh tanggung jawab. Polres Poso bersama dengan unsur Forkompimda siap bekerja sama dengan masyarakat untuk menciptakan suasana Natal dan Tahun Baru yang aman, damai, dan meriah.

Top of Form

 

Berita Terkait: