Konferensi Pers Akhir Tahun Polres Poso: Penurunan Angka Tindak Pidana dan Kesiapan Menyongsong Tahun Baru 2024

Dipenghujung Akhir Tahun Aula Polres Poso menjadi saksi dari Konferensi Pers Akhir Tahun yang dipimpin oleh Kapolres Poso, AKBP Riski Fara Sandhy, S.I.K., M.I.K. Dalam konferensi ini, Kapolres didampingi oleh Kabagops AKP Sudji Hartono dan Kasat Reskrim IPTU Salman Putra.(Sabtu/30/12/2023)

Sejumlah laporan yang disampaikan oleh Kapolres Poso menunjukkan tren peningkatan dan penurunan kasus-kasus di wilayah hukum mereka. Tahun 2022 mencatatkan 117 kasus konvensional, yang meningkat menjadi 191 kasus pada tahun 2023. Meskipun angka kasus meningkat, Polres Poso berhasil menyelesaikan 132 kasus, mencerminkan upaya peningkatan penegakan hukum.

Sementara itu, kasus tindak pidana khusus mengalami penurunan, dari 13 kasus pada 2022 menjadi 12 kasus pada 2023, dengan 9 di antaranya berhasil diselesaikan. Begitu juga dengan tindak pidana narkoba yang ditangani oleh Sat Res Narkoba Polres Poso, dari 20 kasus pada 2022 turun menjadi 16 kasus pada 2023.

Berita baik juga datang dari lalu lintas, dengan penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas dari 137 kasus pada 2022 menjadi 113 kasus pada 2023. Meskipun demikian, penindakan tilang mengalami kenaikan signifikan dari 1222 pada tahun 2022 menjadi 2000 pada tahun 2023. Hal ini disebabkan oleh pelanggaran seperti tidak menggunakan helm, kelengkapan kendaraan, surat-surat, dan pelanggaran terhadap marka rambu, kegiatan tersebut guna untuk mengurangi angka kecelakaan berlalu lintas.

Dalam sambutannya, Kapolres Poso menghimbau kepada masyarakat untuk berkoordinasi dengan Sat Reskrim Polres Poso jika mengalami kehilangan barang. Masyarakat diminta membawa nota pembelian sebagai bukti untuk mencocokkan dan mengklarifikasi kepemilikan barang yang hilang.

Terakhir, Kapolres Poso menyampaikan kesiapannya bersama stakeholder untuk mengamankan perayaan malam tahun baru. Mereka juga mengajak masyarakat untuk menjaga keselamatan keluarga saat menyongsong tahun baru 2024. Dengan kerjasama dan kesadaran bersama, diharapkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Poso dapat tetap terjaga dengan baik.(hms polres poso)

Berita Terkait: