Rakernis Penyidik Polri: Komitmen Presisi dalam Mengawal Pemilu 2024 dan Dukung Kebijakan Ekonomi Nasional di Wilayah Hukum Polda Sulteng

Array

Palu – Dalam rangka memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 serta mendukung kebijakan ekonomi nasional, Polri melalui Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Rapat Kerja Analisis dan Evaluasi Penyidik (Rakernis) yang presisi. Rakernis ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada hari Senin, tanggal 14 Agustus 2023, hingga hari Selasa, tanggal 15 Agustus 2023, di Swis Bel Hotel, Jalan Poros Palu-Donggala, Kecamatan Palu Barat, Sulteng.

Maksud dan tujuan utama Rakernis ini adalah untuk melakukan analisis dan evaluasi secara menyeluruh terhadap strategi peningkatan kinerja penyidik, termasuk penyidik pembantu. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan penanganan perkara pidana dengan pendekatan pelayanan hukum yang menekankan pada keadilan, ketertiban, dan ketentraman masyarakat, terutama dalam menghadapi tahap pemilu tahun 2023.

Agenda rapat meliputi analisis dan evaluasi strategi peningkatan kinerja penyidik dan penyidik pembantu, serta pembahasan solusi dalam proses hukum terkait penanganan perkara pidana. Pendekatan ini menjadi landasan bagi penyidik dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat dengan fokus pada keadilan, kepastian hukum, dan manfaat hukum. Selain itu, rakernis juga membahas kesiapan dalam mengawal proses pemilu 2024 dengan netralitas yang tinggi serta dukungan terhadap kebijakan ekonomi nasional di wilayah hukum Polda Sulteng.

Arahannya disampaikan oleh Kapolda Sulteng, Irjen. Pol. Dr. Agus Nugroho, S.I.K., S.H., M.H., yang menekankan pentingnya menjaga kehormatan dan marwah kepolisian dalam melaksanakan tugas. Kapolda menekankan agar tindakan penyidik dilakukan secara objektif dan profesional tanpa ada rekayasa terhadap perkara yang ditangani. Dalam konteks penegakan hukum, ditekankan pentingnya keadilan yang seimbang dan adil terhadap segala bentuk penyimpangan yang berpotensi merugikan masyarakat.

“Penyidik Polri yang presisi harus tetap netral dalam mengawal Pemilu 2024 dan memberikan dukungan nyata terhadap kebijakan ekonomi nasional di wilayah hukum Polda Sulteng. Ini adalah komitmen kami dalam memastikan stabilitas keamanan dan tatanan hukum yang baik bagi seluruh warga masyarakat,” tegas Kapolda Sulteng Irjen. Pol. Dr. Agus Nugroho.

Rakernis ini menjadi bukti konkret bahwa Polri, khususnya di wilayah Polda Sulteng, memiliki tekad untuk menjalankan tugasnya dengan integritas dan komitmen terhadap keadilan, ketertiban, serta mendukung pembangunan nasional. Dengan adanya arahan dan komitmen ini, diharapkan penegakan hukum di Polda Sulteng akan semakin transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat dan negara.

Array

Berita Terkait: