Polres Poso Bersama Pemerintah Kabupaten Poso Apel Bersama Pencanangan Dan Pemantapan Pam Swakarsa Dan Perlindungan Masyarakat Se-Kabupaten Poso

Array

Poso-Dalam Rangka menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kab.Poso, Kepolisian Resor Poso menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso menggelar apel bersama pencanangan dan pemantapan Pam Swakarsa dan perlindungan masyarakat se- Kabupaten Poso, Rabu (8/2/2023).

Giat yang dilaksanakan di lapangan apel Kantor Bupati Poso itu, diikuti sejumlah anggota Forkopimda, pimpinan OPD Pemkab Poso, perwira TNI/Polri, Camat, unsur Tripika Poso Kota serta undangan lainnya.

Bupati Posso dr. Verna GM Inkiriwang dalam amanahnya menyampaikan, bahwa bangsa Indonesia yang memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 bertekad bulat untuk membela serta mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan negara dan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar.

Oleh karena itu bangsa indonesia terus berupaya mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkannya dengan membangun kehidupan berbangsa dan bernegara menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Sehingga, upaya membangun bangsa dan negara merupakan tanggung jawab dan kehormatan setiap warga negara, maka tidak seorangpun warga negara boleh dihindarkan dari kewajiban ikut serta dalam pembangunan.

“Kita ketahui bersama, sejarah panjang perjalanan masyarakat dan bangsa membuktikan bahwa kehadiran pertahanan sipil atau perlindungan masyarakat memiliki kontribusi besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” sebut Bupati Verna.

Dikatakannya, perlindungan masyarakat (Linmas) merupakan salah satu potensi kekuatan yang melibatkan seluruh warga negara indonesia dan menggunakan segenap sumber daya nasional untuk melindungi wilayah, menegakkan kedaulatan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari segala bentuk ancaman, gangguan dan tantangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Tentunya peran Linmas sangat strategis sebagai bagian terintegrasi dari aparat keamanan lainnya,” ujarnya.

Menurutnya, tugas-tugas Linmas di atur dalam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020. Diantaranya, penyelenggaraan ketertiban umum, pencegahan dan penanggulangan bencana serta memiliki peran penting dalam mengawal keberlangsungan demokrasi.

“Hal itu terbukti dengan dilibatkannya Linmas secara penuh dalam pengamanan dan penertiban proses setiap tahapan Pemilu dan Pilkada di seluruh Indonesia di setiap pelaksanaan pesta demokrasi,” tukasnya.

Siskamling juga lanjut Bupati, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan lingkungan, selain itu bermanfaat menjaga dan memperkuat silaturahmi. Sehingga tercipta masyarakat yang guyub, rukun dan kompak.

Inilah peran aktif Linmas yang sangat di butuhkan, guna memotivasi dan menjadi motor penggerak bagi masyarakat untuk melaksanakan Pam Swakarsa, demi menjaga dan mengamankan lingkungan masing-masing.

“Sebab menjaga keamanan lingkungan kita merupakan wujud kepedulian dan pengabdian terhadap bangsa dan negara. Saya pribadi mengapresiasi inisiatif dan kerja keras rekan-rekan forkopimda beserta jajaran, para camat, lurah dan tokoh-tokoh masyarakat dalam mengupayakan pencanangan dan pemantapan kembali pelaksanaan Siskamling yang merupakan bagian dari Pam Swakarsa di Kabupaten Poso,” tandasnya.(Hms35)

Array

Berita Terkait: