Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Poso Gelar Simulasi SISPAMKOTA

Poso – Polres Poso gelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Operasi Mantap Brata Tinombala 2023-2024 dalam rangka kesiapan Pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di lapangan Mapolres Poso. Selasa(17/10/23).

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Poso AKBP Riski Fara Sandhy, S.I.K.,M.I.K., tersebut menampilkan kesiapan personel gabungan dalam mengamankan tahapan pemilu yang disimulasikan semulanya berlangsung lancar tiba-tiba berubah menjadi anarkis namun pada akhirnya dapat dikendalikan sehingga situasi kembali kondusif.

Kapolres Poso menekankan pentingnya simulasi ini sebagai bukti komitmen negara dalam menjamin keamanan Pemilu 2024 serta bukti Kesiapan Polres Poso dalam mengamankan setiap proses tahapan pemilu 2024, serta bagaimana penggunaan kekuatan pengamanan dalam setiap perubahan situasi yang bisa saja terjadi selama Pesta demokrasi tersebut berlangsung, dimana setiap pelaksanaan pengamanan dilaksanakan sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pelaksanaan Simulasi ini dilaksanakan se-real mungkin, dengan kondisi serta situasi dimana keadaannya itu adalah yang paling terburuk bisa terjadi” kata Kapolres.

Simulasi ini meliputi berbagai tahapan, dimulai dari kondisi tenang hingga situasi yang memuncak pada tindakan anarkis dan penjarahan.”tambahnya.

Pelaksanaan tugas wajib dilaksanakan secara humanis dan tentunya mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menentukan langkah-langkah yang akan diambil, menjadi penekanan oleh Kapolres Poso. Hal ini termasuk memastikan bahwa tindakan yang diambil sesuai dengan hukum dan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

“Jangan sampai, tindakan yang diambil bisa melanggar HAM. makanya kita juga bekali anggota anggota kita terkait dengan pemahaman aturan aturan tersebut sehingga dapat meminimalisir pelanggaran personel di lapangan,” kata Kapolres.

“Kita semua berharap pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Poso dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar sehingga peran dan kerjasama seluruh pihak sangat diharapkan dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban.” harap Kapolres.humas

Berita Terkait: