Hari Pertama Operasi Patuh Tinombala 2022 di Poso Belum Lakukan Penindakan

Polresposo.com – Pihak Kepolisian Resort (Polres)Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), resmi  menggelar operasi Patuh Tinombala 2022, Senin (13/06).

Operasi yang serentak digelar di wilayah hukum Polda Sulteng selama 14 hari kedepan ini terhitung dari tanggal 13 sampai dengan 26 Juni 2022 mendatang, dengan tema ‘’ Tertib Berlalu Lintas Selamatkan Anak Bangsa’’.

Berdasarkan pantauan hari pertama, pelaksanaan operasi Patuh Tinombala 2022 di Poso di hari pertama, digelar di dua lokasi berbeda, tepatnya di Jalur Trans Kelurahan Moengko dan jalur trans depan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kelurahan Kayamanya, Poso Kota, sejumlah pengendara roda dua dan roda empat tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Para pengendara yang terjaring tidak mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan berlaluintas diberikan teguran untuk patuh saat berkendara, demi keselamatan berlalu lintas.

Kasat Lantas  Polres Poso AKP. Suprojo, melalui Kaur Bin Opsnal (KBO) Lantas Iptu Risdianto  mengatakan, memasuki hari pertama pelaksanaan operasi Patuh Tinombala 2022 tersebut, pihaknya masih tetap memperhatikan prokes Covid -19, serta menyampaikan imbauan kepada masyarakat, untuk memperhatikan dan mentaati peraturan Lalulintas, agar tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan raya.

Menurutnya, meskipun belum melakukan tindakan tegas terhadap para pengendara, namun diakuinya ada tujuh  poin yang menjadi sasaran khusus. Diantaranya, knalpot racing, tidak menggunakan helm standar SNI, sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, balap liar, lawan arus, menggunakan handpone saat mengendara, serta tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengemudi roda empat.

‘’Mari kita taati peraturan lalu lintas di jalan raya, sehingga terhindar dari kecelakaan seperti tema dalam pelaksanaan operasi patuh kali ini. Untuk hari pertama ini, meskipun belum ada yang kita tindak, namun kita fokuskan dulu kepada pengendara yang tidak menggunakan helm, dan kelengkapan kendaraan lainnya seperti STNK, kaca spion dan lain-lain,’’ ungkap Risdianto.

Risdianto yang turut memimpin langsung jalannya operasi menjelaskan, jika pihaknya tetap mengikuti arahan dan petunjuk pimpinan dalam giat operasi tersebut.

Diakuinya, pelaksanaan operasi Patuh Tinombala 2022 selama 14 hari kedepan akan digelar secara acak, mulai dari pusat Kota Poso,Tentena, Pendolo dan bahkan hingga ke wilayah perbatasan.

“Seperti pesan pak Kapolres Poso agar tetap mematuhi perintah dan amanat Kapolda Sulteng, agar setiap personil yang terlibat dalam Operasi Patuh Tinombala 2022 lebih mengedepankan tindakan yang humanis,’’ harap Risdianto.

Meskipun belum melakukan tindakan tegas bagi pengendara yang melanggar, para petugas gabungan yang terdiri dari Polri dan TNI tersebut menghimbau agar pengendara selalu patuhi peraturan berlalulintas.

Berita Terkait:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments